Thursday 4 August 2016

Sulapan Matematika (Math Magic) seru ...

Hai semua, hari ini kesempatan saya mengajar TIK di kelas 6. Karena yang dipelajari di kelas 6 adalah tentang Adobe Flash CS 3, maka sebelum mengajar, kali ini saya tampilkan beberapa permainan yang bisa dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS 3. Permainan yang kebetulan sudah saya buat adalah Mengetik 1 dan Mengetik 2 yang sengaja dibuat untuk digunakan di Kelas 2 dengan tujuan melatih jari-jari mungil murid-murid untuk hafal letak tombol-tombol huruf pada keyboard.
Permainan berikutnya adalah permainan memasangkan objek dan memecah gelembung menggunakan gerakan mouse. Permainan ini sengaja saya buat untuk Kelas 1 yang kebetulan mereka akan belajar menggambar menggunakan mouse. Ketika mereka enak atau menguasai penggunakan mouse, maka saya yakin gambar mereka akan lebih bagus, makanya saya berikan permainan ini untuk melatih kesiapan tangan mungil mereka dalam menguasai mouse.
Tiba di permainan berikutnya yang berkategori umum yang saya beri judul Sulapan Matematika. Pada permainan ini, murid-murid diminta memikirkan 2 angka, kemudian menjumlahkan dua angka tadi, dan mengurangkan dua angka pertama dengan hasil penjumlahannya. Hasil akhir disimpan. Kemudian saya sediakan list atau daftar dari 0-99. Murid-murid menyesuaikan hasil akhirnya dengan list yang saya berikan kemudian menyimpannya di ingatan mereka.
Kemudian saya melalui permainan ini akan menebak apa yang mereka pikirkan.
Penasaran bagaimana permainan ini, silahkan Klik Di Sini Untuk Mencoba Memainkannya!
  

No comments:

Post a Comment